IMG 20200201 165318 resize 45 compress69
in

Ahok : Pertamina Akan Transparan, Mulai Sekarang Masyarakat Bisa Ikut Memantau Langsung Data Impor Bahan Bakar Minyak

Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok punya tugas berat setelah menyandang jabatan sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Salah satu tugasnya adalah menjamin transparansi bisnis di BUMN migas tersebut.

Melalui akun resmi Twitternya @basuki_btp, Ahok membeberkan Pertamina kini lebih transparan. Mulai sekarang masyarakat bisa ikut memantau langsung data impor bahan bakar minyak (BBM) Pertamina melalui laman resmi perseroan di www.pertamina.com.

“Mulai hari ini, akses Informasi operasional PT Pertamina (Persero) terkait pengadaan Crude, LPG dan BBM termasuk status kapal charter sudah dapat diakses melalui website resmi perseroan di www.pertamina.com,” tulis dia dalam unggahannya, Rabu (12/2/2020).

Dalam situs resmi Pertamina yang dilampirkannya, ada dua pengumuman besar. Pertama adalah laporan pengadaan termasuk impor minyak mentah atau crude oil, BBM hingga LPG. Lalu yang kedua adalah laporan pengadaan kapal angkut kegiatan ekspor dan impor produk migas.

“Dengan keterbukaan informasi ini kami berharap mendapatkan masukan dan saran terbaik dari publik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengadaan tersebut, dapat menghubungi Contact @pertamina 1500 000,” tandas dia.

Gaya Ahok mirip saat menjadi Gubernur DKI Jakarta?

Gebrakan itu dianggap bakal berpengaruh signifikan buat bisnis perusahaan BUMN di sektor Migas tersebut sebab dapat membatasi upaya nakal di internal pertamina terhadap data impor yang kini sudah dibuka kepada publik.

Demikian pula, upaya transparansi itu dianggap bisa menurunkan harga BBM yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

Transparansi Pertamina ini bahkan dianggap efektif dalam menyingkirkan mafia minyak dan gas (migas) yang selama ini lama bercokol di tubuh perusahaan pelat merah tersebut.

Hal itu dapat terjadi karena upaya transparansi yang diambil Ahok itu mau tidak mau memaksa internal Pertamina berlaku lebih profesional terutama dalam penyampaian data.

Namun, ia menambahkan, membuat Pertamina transparan saja tak cukup. Ahok juga harus melakukan langkah-langkah tegas lainnya yang bisa menghilangkan mafia migas seutuhnya.

“Jadi selain transparansi perlu juga penegakan hukum yang tegas salah satunya dengan menerapkan reward and punishment,” tambahnya.

Selain itu, Ahok diminta berani memecat orang-orang yang tidak profesional di perseroan tersebut. Untuk memperkuat posisi Ahok di Pertamina, Ahok diimbau untuk dapat memperkuat jaringannya dengan berbagai pihak terutama kepada para aparat penegak hukum.

Source: detik.com

What do you think?

Written by admin

Ngokor000062465 730x410 1

Jangan Sok Manis, Mantan Selamanya Akan Menjadi Mantan, dan Seleraku Sekarang Bukan Lagi Sepertimu

IMG 20200213 125232 compress64

3 Siswa yang Tendang dan Pukuli Siswi di Purworejo Terancam 3,5 Tahun Penjara