in

Ini Cara & Syarat Dapat Listrik Gratis PLN 6 Bulan untuk Bisnis Kecil

Ikhtisar.net – Info terbaru dan update tentang cara serta syarat mendapatkan listrik gratis 6 bulan diungkap manajemen PT PLN (Persero).

Klik dan Login ke website resmi PLN www.pln.co.id adalah langkah pertama untuk mendapatkan info dan langkah klaim listrik gratis mulai Minggu 3 Mei 2020.

Stimulus listrik gratis adalah program pemerintah melalui PLN untuk mengurangi dampak buruk ekonomi akibat pandemi Virus Corona (COVID-19).

Jutaan pelanggan listrik PLN rumah tangga sudah merasakan manfaat listrik gratis.

Kini  program listrik gratis akan diperluas untuk pelaku bisnis kecil.

Listrik gratis sebelumnya diberikan untuk seluruh pelanggan PLN 450 VA selama tiga bulan April, Mei, Juni 2020.

Lalu subsidi 50 persen tarif listrik bagi pelanggan 900 VA yang masuk kategori subsidi, juga selama 3 bulan.

Cara dapat listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA Subsidi juga bisa diakses di www.pln.co.id.

Dalam perluasan listrik gratis kali ini, pemerintah akan menggratiskan listrik bagi pelanggan bisnis kecil dan industri kecil.

Skemanya, listrik gratis diberikan selama 6 bulan dari Mei hingga Oktober 2020.

Syarat listrik gratis 6 bulan ini yakni mereka yang masuk ketegori pelanggan bisnis skala kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450 VA, termasuk diantaranya 500 ribu pelanggan berbasis token.

Nantinya pulsa listrik gratis yang sudah tersedia langsung bisa digunakan.

Lalu bagi pelanggan prabayar, token gratis listrik diberlakukan dengan skema bebas tarif sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (belaku Mei – Oktober 2020).

PLN memastikan bahwa pada hari Minggu (3/5/2020), seluruh token sudah di-generate, sehingga program ini langsung dirasakan manfaatnya sesuai target pemerintah. 

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyatakan, keputusan pemerintah dalam program listrik gratis ini, menunjukkan komitmen besar dan upaya yang konkret dan berkesinambungan untuk melindungi rakyat dari dampak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, PLN langsung menyiapkan mekanisme teknis penggratisan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450 VA.

“Sangat jelas dan tergambar nyata kebijakan presiden dalam merasakan penderitaan dan kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini,” kata Zulkifli.

“Oleh karena itu, PLN langsung menyiapkan langkah-langkah teknis pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil, sebagaimana kami telah menyelesaikan pembebasan tagihan dan pemberian diskon bagi pelanggan rumah tangga pada bulan April yang lalu,” kata dia lagi.

Gratis listrik 3 bulan

Sebulan yang lalu, pemerintah juga membebaskan tagihan listrik bagi pelanggan golongan rumah tangga (R1) 450 VA dan pemberian diskon 50 persen bagi pelanggan golongan rumah tangga 900 VA Bersubsidi.

Kebijakan tersebut telah dituntaskan PLN dalam sepekan sejak keputusan tersebut disahkan.

“PLN sangat antusias dan bertanggung jawab penuh untuk menjalankan komitmen dan menerjemahkan kepedulian pemerintah dalam melindungi dan membantu pelaku bisnis dan industri kecil, sehingga kami akan menempuh berbagai jalur pembebasan tagihan dapat secepatnya untuk pelanggan yang berhak,” jelas Zulkifli.

Dia menambahkan, apabila pembebasan dan pemberian diskon bagi pelanggan listrik pada tahap pertama menyasar rumah tangga dan berlaku selama 3 bulan, dalam kebijakan kedua ini pemerintah memberlakukan pembebasan tagihan bagi pelaku bisnis kecil dan industri kecil dengan durasi hingga 6 bulan.

“Pada program pembebasan tagihan listrik yang kedua ini, durasinya lebih panjang.

Kami akan siapkan teknisnya secepat mungkin, sehingga kebijakan ini dapat dirasakan secepat-cepatnya sesuai perintah Bapak Presiden,” kata Zulkifli.

Saat ini, tim PLN sedang menyiapkan sistem untuk memasukkan sekitar 500.000 pelanggan listrik golongan bisnis kecil dan industri kecil berbasis token.

Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 12 jam sampai seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis.

“Estimasi kami sudah selesai satu hari. Yang sudah tersedia langsung bisa digunakan.

Kami memastikan bahwa pada hari Minggu, 3 Mei 2020, seluruh token sudah di-generate, sehingga program ini langsung dirasakan manfaatnya,” tegas dia.

Berikut ringkasan daftar pelanggan PLN yang dapat listrik gratis dari pemerintah:

1. Seluruh Pelanggan 450 VA

Syarat listrik gratis PLN bagi pelanggan daya 450 VA diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020.

Menurut data PT PLN (Persero), jumlah pelanggan dengan daya 450 VA saat ini tercatat sebanyak 24 juta pelanggan. Listrik gratis PLNbagi pelanggan golongan ini berlaku selama 3 bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020 ( listrik gratis 3 bulan).

Untuk pelanggan 450 VA prabayar, setiap bulan diberikan token gratis listrik dengan jumlah kWh sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (Desember 2019 – Februari 2020) untuk periode pembelian token bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Cara mendapatkan token gratisbisa dilakukan dengan mengaksesPLN online di laman  www.pln.co.id ( layanan pln.co.id) atau melalui saluran pesan teks WhatsApp. 

Pelanggan dengan daya 450 VA sendiri memiliki keterbatasan konsumsi listrik, lantaran listrik hanya bisa digunakan untuk keperluan penerangan yang cukup dan perangkat yang tak menghabiskan banyak daya seperti kipas angin dan sebagainya.

PLN sebenarnya sudah tak melayani pemasangan baru untuk listrik daya 450 VA, kecuali untuk pelanggan yang masuk di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

2. Pelanggan 900 VA subsidi

Berbeda dengan pelanggan 450 VA yang mendapatkan gratis listrik selama sebulan, pelanggan 900 VA mendapatkan listrik gratis berupa diskon 50 persen dari tarif pemakaian bulanan.

Sementara pelanggan 900 VA nonsubsidi, tidak mendapatkan keringanan pembayaran tagihan listrik atau tetap berlaku tarif normal.

Pelanggan di kategori 900 VA penerima subsidi ini berjumlah sekitar 7 juta pelanggan.

Khusus untuk pelanggan daya 450 VA dan 900 VA subsidi prabayar, maka PLN akan memberikan token listrik gratis sebagai kompensasinya.

Untuk pelanggan 900 VA prabayar, setiap bulannya diberikan PLN token gratis atau pulsa gratisdengan jumlah kWh sebesar 50 persen dari pemakaian bulanan tertinggi selama 3 bulan terakhir (Desember 2019 – Februari 2020) untuk periode pembelian token bulan April, Mei, dan Juni 2020.

3. Pelanggan bisnis kecil

Pemerintah akan menggratiskan listrik bagi pelanggan bisnis kecil dan industri kecil. Skemanya, gratis listrik diberikan selama 6 bulan dari Mei hingga Oktober 2020.

Syarat listrik gratis 6 bulan ini yakni mereka yang masuk ketegori pelanggan bisnis skala kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450 VA, termasuk diantaranya 500 ribu Pelanggan berbasis token.

Nantinya pulsa listrik gratis yang sudah tersedia langsung bisa digunakan. Lalu bagi pelanggan prabayar, token gratis listrik diberlakukan dengan skema bebas tarif sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (belaku Mei – Oktober 2020).

PLN memastikan bahwa pada hari Minggu (3/5/2020), seluruh token sudah di-generate, sehingga program ini langsung dirasakan manfaatnya sesuai target pemerintah.

Sumber: surya.co.id

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Tetap Adakan Salat Jumat, Jemaah di Bogor Kabur Saat Ada yang Tiba-tiba Meninggal

Baru Lahir, Bayi Berkepala Dua di Gorontalo Meninggal Dunia