in

Jangan Sibuk Dengan Dosa Orang Lain, Sibuklah dengan Dosamu Sendiri

Setiap orang memang punya sifat ingin tahu. Namun, ada yang mampu mengontrol keingintahuannya untuk hal-hal yang berguna. Ada pula yang kebablasan, menuruti rasa ingin tahu bahkan terhadap hal-hal yang sejatinya bukan urusannya. Salah satunya ialah persoalan dosa. Sudah, tak usah sibuk dengan dosa orang lain, lebih baik koreksi dosa di dalam diri.

Meski besarnya dosa setiap orang berbeda, namun setiap orang pasti memiliki dosa. Tak ada manusia di dunia ini yang suci dari dosa.

Karena itu, tak usah mengurusi dosa orang lain. Lebih baik urusi dosa sendiri. Lagi pula, kita tak pernah tahu, siapa sebenarnya yang memiliki dosa lebih banyak.

Jangan malah seperti memiliki ilmu senter. Menyigi dosa orang lain tetapi dosa sendiri tak terlihat. Hanya pandai menyalahkan tetapi tak sadar bahwa diri juga tak lepas dari kesalahan. Pandai menghakimi tetapi tak sadar bahwa diri bukanlah orang yang suci.

Lagi pula, bukankah sudah ada malaikat pada setiap manusia yang tak pernah lengah walau sedetik saja?

Seujung kuku dosa yang dilakukan takkan lepas dari catatannya. Baik dosa yang terlihat oleh manusia saat kau melakukan maupun yang tiada siapa pun mengetahui. Jadi, untuk apa lagi kau sibukkan diri dengan dosa orang lain?

Tak Sibuk Dengan Dosa Orang Lain
Sudahlah, tak usah sibuk dengan dosa orang. Lebih baik koreksi dosa di dalam diri. Perbaiki diri dan lakukan introspeksi diri. Ingat-ingatlah apa yang telah dilakukan diri.

Barangkali ada hati yang kau sakiti. Dan sebelum maut menghampiri, bukankah lebih baik meminta maaf kepada hati yang kau sakiti.

Karena bila dosa kepada manusia tak termaafkan, akhirat nanti kau akan mendapat balasan. Karena Allah takkan memberi ampunan bila orang yang kau sakiti tak memaafkan.

Berbeda bila dosa yang kau lakukan berpaut dengan Allah. Dia akan memberikan ampunan bila kau memohon. Hingga di akhirat nanti, kau bisa bebas dari siksaan.

Tentu dengan syarat kau sungguh-sungguh meminta ampunan dan nyawa belum sampai tenggorokan.

Sumber: ruleinfo.com

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Hal-Hal Kecil yang Bisa Membuat Hati Lebih Bahagia

Ketika Susi Pudjiastuti Beberkan ‘Harta Karun’ Pantai Jikomalamo Ternate