in

Jelaskan Hal Apa Saja Yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Gerakan Sadar Energi Di Rumahmu

ISLUP Jelaskan hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk Gerakan Sadar Energi di rumahmu – TVRI kembali menayangkan program Belajar Dari Rumah untuk siswa-siswi SD kelas 4-6 SD. Program ini akan mengudara pada Kamis (11/6) pukul 09.00-09.30 WIB di TVRI. Materi yang diajarkan kali ini bertajuk “Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang.”

Nantinya akan ada tayangan yang membahas materi tersebut. Siswa diharapkan dapat memahami isi tayangan agar dapat menjawab soal yang tersedia. Terdapat 3 pertanyaan yang diajukan, yaitu:

Bagaimana pendapatmu tentang kehebatan Pulau Bintang?

Setujukah kamu tentang pentingnya energi terbarukan? Berikan komentarmu!

Jelaskan hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk Gerakan Sadar Energi di rumahmu!

Berikut beberapa referensi jawaban yang dapat membantu ayah dan ibu membimbing putra dan putri Anda.

Jawaban Materi Belajar dari Rumah SD Kelas 4-6

1. Menurut saya Pulau Bintang sangat luar biasa. Penduduk pulau tersebut memanfaatkan alam untuk menghasilkan energi listrik.

Alih-alih menggunakan batu bara atau minyak bumi, energi listrik di Pulau Bintang dihasilkan dengan memanfaatkan energi angin, air, dan matahari.

Meskipun semua itu termasuk energi yang terbarukan atau tidak bisa habis, namun penduduk Pulau Bintang tetap menghemat pemakaian listriknya. Itu terlihat saat lampu menyala hanya pada waktu sore dan malam hari.

Selain itu, penduduk di Pulau Bintang memanfaatkan kotoran hewan ternak untuk bahan bakar gas yang digunakan untuk menyalakan kompor dan penghangat air mandi.

2. Sangat setuju, karena dengan energi terbarukan, kita tidak lagi khawatir kehabisan sumber energi untuk kehidupan kita. Kita juga tidak tergantung lagi pada energi yang cepat habis seperti batu bara, minyak bumi, dan lain-lain yang juga menyebabkan pemanasan global.

Selain itu, energi terbarukan termasuk energi yang ramah lingkungan, jadi lebih aman bagi kesehatan manusia.

3. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi adalah mematikan televisi bila tidak ditonton, mematikan lampu saat hari mulai terang, menggunakan kendaraan bermotor sesuai kebutuhan, naik kendaraan umum, menyalakan AC pada suhu 25 derajat celcius, mencabut alat-alat elektronik yang tidak dipakai, dan menggunakan listrik seperlunya.

Nah, itulah jawaban soal Belajar Dari Rumah materi “Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang.” Sebagai catatan, pertanyaan ini bersifat terbuka.

Artinya, jawaban yang disajikan dalam artikel ini merupakan salah satu acuan, namun tidak menutup kemungkinan jawaban yang berbeda.

Sumber: kumparan.com

Materi soal dan kunci jawaban TVRI siswa SD kelas 4 5 6 hari ini akan menampilkan program Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang yang mengudara pada pukul 09.00 – 09.30 WIB.

Berikut pembahasan materi dan jawaban lengkap siswa SD kelas 4 5 6 disiarkan di TVRI melalui program belajar dari rumah Kamis 11 Juni 2020.

Pembelajaran dalam program belajar dari rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Setelah pembelajaran, peserta belajar dari rumah akan diberikan pertanyaan untuk dikerjakan.

Pertanyaan :

1. Bagaimana pendapatmu tentang kehebatan Pulau Bintang?

2. Setujukah kamu tentang pentingnya energi terbarukan? Berikan komentarmu!

3. Jelaskan hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk Gerakan Sadar Energi di rumahmu!

Jawaban :

1. Kehebatan Pulau Bintang adalah sebuah pulau dimana terdapat keindahan yang menakjubkan yang masih asri alamnya.

Selain itu di Pulau Bintang tidak terdapat polusi udara, karena penduduk disana menggunakan energi alam untuk kehidupan sehari-hari.

Nama Pulau Bintang diambil dari saat malam hari terdapat hewan ribuan kunang-kunang yang menyinari Pulau Bintang karena Keasriannya.

Selanjutnya di Pulau Bintang semua energi Listrik menggunakan energi terbarukan atau alam secara langsung seperti contoh; Kincir angin, Kincir air dan Panas Matahari.

2. Setuju karena sangat penting untuk menggunakan energi terbarukan dari Alam Seperti Air, Udara dan Matahari yang tidak akan pernah habis.

Penting nya menjaga energi agar tidak habis supaya generasi selanjutnya tetap bisa merasakan energi di masa mendatang.

3. Contoh gerakan sadar energi dirumah :

– Mematikan Lampu saat siang hari

– Melapas Colokan TV saat tidak digunakan.

– Hemat penggunaan air saat dirumah.

Jadwal TVRI Belajar dari Rumah Kamis 11 Juni 2020

08.00 – 08.30 WIB (PAUD)

Bermain Matematika dan Sains

08.30 – 09.00 WIB (SD Kelas 1-3)

Matematika: Operasi Penjumlahan

09.00 – 09.30 WIB (SD Kelas 4-6)

Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang

09.30 – 10.00 WIB (SMP Sederajat)

Matematika Mantul: Kesebangunan

10.03 – 10.30 WIB (SMA Sedrajat)

Matematika: Volume Benda Putar

10.30 – 11.00 WIB (Keluarga Indonesia: Parenting)

Menanamkan Kebiasaan Baik pada Anak

21:30 – 23:30 WIB (Film Nasional)

Cinta Brontosaurus

(Jadwal Belajar dari Rumah di TVRI ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.)

Sumber: palembang.tribunnews.com

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Lengkapi Penjumlahan Berikut! (A) 317 + 406

Setujukah Kamu Tentang Pentingnya Energi Terbarukan? Berikan Komentarmu