in

Saat Rasanya Ingin Menyerah, Ingatlah Usaha dan Doa Tak Akan Mengkhianati Pada Akhirnya

Aku salah satu alumni penerima Beasiswa Bidikmisi di universitas tempatku menempuh S1. Awalnya aku berpikir, apa yang harus kulakukan setelah lulus SMA? Apa aku bisa berkuliah kelak setelah lulus SMA? Apa orang tuaku mampu membiayai kuliahku? Apa aku mampu menyelesaikan studiku kelak hingga akhir? Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang sering terlintas di pikiranku semasa masih duduk di bangku SMA.

Walau aku sudah dinyatakan lulus dan mendapat beasiswa namun selalu saja ada rintangan yang aku temui. Di situlah aku sadar, tiap orang mempunyai kesulitannya masing-masing. Kebanyakan diri kita hanya melihat hasil yang diperoleh orang lain, tanpa tahu kesulitan apa yang telah dilaluinya. 

Orang lain mungkin berpikir “aku hebat” atau “aku beruntung” bisa diterima di universitas negeri yang kupilih dan mendapat beasiswa. Namun, kenyataannya jalan berliku yang harus kutempuh agar mencapai titik itu. Lagi-lagi usahaku dan kedua orang tuaku tak berhenti hanya sampai dimana aku dinyatakan LULUS.

Kenyataan baru yang kutahu, lulus beasiswa dan tak dibebankan biaya tiap semester sepeser pun selama studi, bukan berarti tak ada biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan oleh kedua orangtuaku. Biaya praktikum dan biaya KKS misalnya, tetap harus dibayarkan menggunakan uang pribadi.

Setelah merasakan pahitnya proses dan manisnya ending, aku tak pernah menyesal memilih jalan ini. Walau kondisi ekonomi orang tua yang tak memungkinkan, namun tanpa bantuan dari Tuhan, aku tak akan mampu hingga sejauh ini. 

So, buat adik-adik yang masih duduk di bangku SMA sederajat. Jangan pernah takut untuk bermimpi. Jangan biarkan mimpimu berhenti di tengah jalan. Memang kuliah tak akan menjamin kehidupan seseorang menjadi lebih baik, namun dengan berkuliah kita bisa terus belajar tentang hal-hal yang belum kita ketahui. Memperluas pertemanan dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil jika kalian memutuskan untuk lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Jangan berkecil hati walau kondisi ekonomi keluarga tak mendukung. Jangan menyerah untuk belajar di universitas dan jurusan impian kalian. Oleh karena itu, persiapkan nilai-nilai sekolahmu sebaik mungkin dengan belajar dari sekarang, sebab hal tersebut merupakan salah satu pertimbangan untuk lolos seleksi beasiswa.

Source: hipwee.com

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Sederhanalah Menyikapi Perpisahan, Jika Dia Bukan Jodohmu Maka Pasti Ada Orang Lain yang Lebih Baik

Kerja Keras Itu Perlu, tapi Jangan Lupa Luangkan Waktu untuk Membahagiakan Dirimu