in

Sebelumnya Positif, Tes Kedua Pasien Korona di RSUP Prof Kandou Dinyatakan Negatif

Dokter (dr) Steaven Dandel selaku Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Sulawesi Utara (Sulut) menyampaikan perkembangan terbaru pasien korona (Covid-19) yang tengah ditangani RSUP Prof Kandou.

Dari hasil pemeriksaan yang kedua, pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif korona dan diisolasi di RSUP Prof Kandou, dinyatakan sudah negatif. “Sekali lagi hasilnya sudah negatif,” tegas Dandel, Minggu (15/3/2020).

Tetapi, menurut Dandel, sesuai dengan SOP bahwa hasil negatif ini harus diperiksa sampai beberapa kali (Total delapan kali) dan apabila nanti terus negatif maka pasien sudah bisa dinyatakan sembuh. “Jadi kita tetap masih mengambil beberapa sampel untuk memeriksa kembali hasilnya dan untuk saat ini kondisinya stabil,” tegasnya.

Dandel memaparkan bahwa pihaknya sudah melakukan pelacakan dari orang-orang yang kontak dengan pasien dan ditemukan 37 orang yang kemudian sudah diambil sampelnya.

“Hasilnya akan diketahui dalam waktu dekat karena sekali lagi sampelnya kita akan kirim ke Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan dan dari mereka yang akan mengirimkan hasilnya ke kami Satgas Covid-19 Provinsi Sulut,” terangnya

Dia menambahkan, sesuai juknis bahwa setiap orang yang kontak erat dengan pasien, harus isolasi rumah yang ketat. “Ada petugas yang memantau bagaimana mereka melakukan isolasi rumah ini,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa ada dua orang yang kontak erat dengan pasien dan merupakan bagian dari 37 orang. Dimana kedua orang tersebut menunjukkan gejala flu. “Jadi kita memantau mereka juga secara ketat,” tuturnya.

Untuk kontak erat sendiri, menurut Dandel, ialah orang yang berada dalam radius satu meter dari pasien yang positif. “Apakah itu di rumah atau di rumah sakit, jadi semua kita daftarkan sebagai kontak erat,” ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan jangan panik. “Pemerintah provinsi bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota dan terus menerus meminta petunjuk dari pemerintah pusat. Kita akan selalu hadir untuk mengupayakan ketentraman, keamanan masyarakat yang ada di Provinsi Sulawesi Utara,” paparnya

Sumber: sindomanado.com

What do you think?

Written by admin

Foto Terbaru Lucinta Luna Saat Pindah Sel Tahanan Beredar, Wajah Pacar Abash Langsung Jadi Sorotan

Polres Aceh Tamiang Bersihkan Terminal dan Masjid