in

4 Program Pelatihan Karyawan Paling Dibutuhkan

Program pelatihan karyawan adalah salah satu hal yang dibutuhkan bagi perkembangan kualitas sumber daya manusia. Bagaimana tidak? Melalui program pelatihan karyawan, perusahaan dapat meningkatkan kualitas kinerja karyawan tanpa perlu melakukan rekrutmen yang memakan waktu lama.

Lalu, apa saja program pelatihan karyawan yang dibutuhkan perusahaan? Simak penjelasan di bawah ini!

Contents

1.   Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Program pelatihan karyawan pertama yang dibutuhkan adalah pelatihan kesehatan dan keselamatan kerja. Program ini dapat memaksimalkan kualitas kinerja karyawan, khususnya karyawan dalam perusahaan manufaktur atau konstruksi yang melibatkan alat berat dan mesin khusus.

Dengan pelatihan ini, karyawan dapat memaksimalkan kinerja di lapangan dengan aman dan nyaman. Karyawan juga dapat semakin berhati-hati dalam bekerja setelah memahami berbagai resiko bekerja di pelatihan K3. Untuk mengadakan pelatihan ini, perusahaan dapat mengundang pelatih dari luar perusahaan atau bekerja sama dengan  BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

2.   Pelatihan Manajemen Kepemimpinan

Setiap karyawan yang memiliki kinerja bagus berhak dipromosikan ke jenjang yang jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Untuk mengisi posisi tinggi seperti manajerial atau supervisor tentu tidak mudah. Karyawan harus memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang unggul.

Untuk inilah perusahaan dapat mengadakan pelatihan manajemen dan kepemimpinan bagi karyawan yang berpotensi mengisi posisi tertinggi di perusahaan. Dengan begitu, akan tercipta bibit berkualitas untuk menggantikan para karyawan senior yang sebentar lagi memasuki masa pensiun. Regenerasi dalam perusahaan pun juga berjalan dengan baik.

3.   Pelatihan Pajak

Operasional perusahaan tidak akan dipisahkan dari perpajakkan. Makanya, karyawan pun berhak mendapatkan pelatihan pajak agar pengelolaan pajak dalam perusahaan bisa berjalan optimal. Karyawan yang sebaiknya menerima pelatihan pajak adalah staff payroll atau finance yang sering bersinggungan dengan urusan pajak.

Melalui pelatihan pajak, karyawan dapat memahami dengan baik berbagai regulasi dan pengelolaan pajak di suatu perusahaan. Dengan pemahaman yang baik pula, perusahaan dapat terhindar dari sanksi atau hukuman dari instansi terkait karena pengelolaan pajak yang tidak tepat.

4.   Pelatihan Regulasi dan Kebijakan Hukum

Ada pula beberapa divisi lain yang sering bersinggungan dengan regulasi dan kebijakan hukum, contohnya adalah divisi legal perusahaan. Namun, ada juga divisi lain dimana tugas pokoknya tidak berkaitan dengan hukum, tetapi memerlukan pemahaman atas regulasi dan kebijakan hukum secara spesifik.

Contohnya adalah divisi purchasing yang sering mengadakan pembelian barang dari luar negeri. Pelatihan regulasi dan hukum juga bisa menjadi cara efektif agar perusahaan bisa terhindar dari resiko hukum di kemudian hari.

HRD bisa bekerja sama dengan konsultan hukum berpengalaman untuk merancang kurikulum program pelatihan karyawan. Merancang kurikulum tentu bisa memakan waktu lama. Untuk itulah HRD dapat memanfaatkan modul learning and development yang dapat membuat perencanaan pelatihan jauh lebih praktis.

LinovHR adalah salah satu contoh dari sekian banyak vendor yang menyediakan software learning and development. Info lengkap mengenai LinovHR bisa diakses melalui link ini https://www.linovhr.com/modul-learning-and-development/

Implementasi program pelatihan karyawan yang tepat dapat membantu perusahaan memajukan kualitas kinerja. Alih-alih merekrut karyawan baru, perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang sudah ada sebelumnya di internal. Itulah penjelasan singkat soal pelatihan karyawan yang paling dibutuhkan. Semoga dapat membantu!

What do you think?

Written by admin

Sinopsis The Penthouse 2 Episode 11 (21-22) SPOILER