in

Cegah Corona, Unkhair Tunda Jadwal Wisuda dan Berlakukan Kuliah Online

Universitas Khairun (Unkhair) Ternate akan menunda jadwal wisuda yang sebelumnya sudah ditetapkan pada tanggal 30-31 Maret 2020 mendatang.

Selain menunda jadwal wisuda, kampus ternama di Maluku Utara itu juga akan memberlakukan kuliah daring (online) untuk mahasiswa sebagai upaya mencegah sebaran Virus Corona.

Hal itu disampaikan Rektor Unkhair, Husen Alting, saat ditemui di Ruang Rapat Senat Rektorat Unkhair pada Senin, 16 Maret 2020, siang tadi.

Perkuliahan secara online akan dipersiapkan pada minggu ini terhitung sejak tanggal 17 sampai dengan 23 Maret mendatang, “Kita akan terapkan kuliah daring untuk proses pembelajaran dan akan dilaksanakan pada tanggal 24 nanti” ujarnya.

Ia juga mengaku kebijakan tersebut dilaksanakan sesuai edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada satuan pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, penerapan perkuliahan online sangat mendukung pencegahan adanya indikasi Virus Corona yang akan menyebar, “untuk mendukung dan mengantisipasi itu, maka proses perkuliahan kita laksanakan secara daring, seperti penerapan e lerning, konfirmasi email, dan Facebook log untuk mengurangi interaksi” jelasnya.  

Rektor Unkhair, Prof. Dr. Husen Alting Sh., Mh. (Foto:PoskoMalut)

Menyusul Edaran Mendikbud dan Sekjend Pendidikan Tinggi, Unkhair juga mengeluarkan Surat Edaran dengan nomor: 325/UN44/HM.09/2020 tentang Kesiapsiagaan Dini Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19) tertanggal 16 Maret 2020.

Surat Edaran itu memuat setidaknya ada 10 langkah pengantisipasian dan pencegahan yang diimbau kepada seluruh sivitas akademika di Unkhair untuk dapat dilaksanakan.

Sementara itu, terkait penundaan tanggal wisuda, untuk diketahui, Wisudawan dan Wisudawati dapat melakukan pengambilan transkrip asli dan legalisir ijazah serta Sertifikat Profesi Guru (PPG) dibuka mulai tanggal 30 Maret 2020 di masing-masing fakultas.

“Sementara untuk acara prosesi wisuda, diimbau untuk menunggu informasi lanjutan” bunyi keterangan yang tertera pada edaran.

Selain itu, masih dengan upaya pencegahan, Unkhair juga menunda penyelenggaraan kegiatan dengan kapasitas peserta yang banyak, menunda perjalanan sivitas akademika ke luar negeri, dan mengimbau agar sivitas akademika untuk menerapkan perilaku hidup sehat.

Source: lpmmantra.com

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Soal Pelantikan 12 Pejabat, PDI Perjuangan Dukung Kebijakan Gubernur Malut

GP Ansor Indramayu Gembleng Kader Dengan Wawasan Keislaman dan Kebangsaan