in

Jokowi: Semua Orang Wajib Pakai Masker Kalau Keluar Rumah

Ikhtisar.net – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengingatkan rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat keluar rumah. 

“Karena di awal saya sampaikan yang sakit saja yang pakai masker, sekarang ndak. Semua orang yang keluar rumah wajib pakai masker,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas lewat teleconference dari Istana Kepresidenan Bogor pada Senin, 6 April 2020.

Untuk itu, Presiden meminta seluruh jajarannya untuk memastikan ketersediaan masker bagi masyarakat. “Saya minta masker ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat karena semua warga keluar rumah wajib pakai masker,” ujar Jokowi.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, sebelumnya menyarankan agar masyarakat mengenakan masker kain yang dapat dipakai berkali-kali. Sementara masker bedah dan N95 hanya diperuntukkan bagi tenaga medis.

“Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu di luar orang tanpa gejala (virus Corona). Banyak sekali didapatkan di luar, kita tidak tahu bahwa mereka adalah sumber penyebaran penyakit” ujar Yurianto, Ahad.

Yurianti menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam. Setelahnya, masker dicuci dengan sabun. “Ini upaya mencegah penularan karena di luar kita tidak tahu banyak yang berpotensi menularkan,” kata dia. 

Sumber: tempo.co

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Gempa Guncang Maluku Utara Hari Ini

Kisah Haru Diah Melepas 3 Anggota Keluarga untuk Menangani Pasien COVID-19