in

Nama-nama Kandidat Wagub DKI Jakarta Akan Diumumkan Hari ini

Tarik ulur soal nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta disebut telah menemui titik temu. Kedua partai pengusung, Gerindra dan PKS, disebut telah mencapai kata sepakat untuk dua nama pengganti Sandiaga Uno.

Dirangkum dari detikcom, Minggu (19/1/2020), Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, M Taufik, menjanjikan ada kemajuan dalam pemilihan cawagub DKI. Nama-nama kandidat wagub DKI akan diumumkan Senin (20/1) hari ini.

“Insyaallah dalam waktu dekat akan ada wagub. Senin akan ada konferensi pers di ruang fraksi terkait wagub. Ya, jam 11.30 WIB di Fraksi Gerindra,” kata M Taufik saat dikonfirmasi, Minggu (19/1).

Taufik mengatakan cawagub dari Gerindra dan PKS yang akan diumumkan telah disepakati kedua partai. Lantas, siapakah nama cawagub DKI yang telah disepakati Gerindra dan PKS? Taufik belum mau membocorkannya sebelum pengumuman.

“Besok aja, jangan dong. Besok, besok (diumumkan),” kata Taufik saat dihubungi, Minggu (19/1).

Menurut Taufik, saat konferensi pers nanti, akan dibacakan pula surat kesepakatan antara kedua partai. Ada dua nama kandidat yang akan diumumkan, yaitu satu dari Gerindra dan satu dari PKS.

“Iya, masing-masing satu, besok pengumumannya. Udah, udah, udah (ada kesepakatan dengan PKS). Besok kita bacain suratnya, ya surat dari PKS dan Gerindra,” ungkapnya.

Diketahui, lamanya proses pemilihan Wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno membuat Michael, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara (Untar), mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Pemohon menyebut jabatan Wagub DKI kosong sejak 27 Agustus 2018 atau selama 1 tahun 8 bulan.

Dalam alasan permohonan, Michael memaparkan penunjukan wakil kepala daerah oleh parpol atau gabungan parpol pengusung memakan waktu yang lebih lama daripada pemilu. Karena itu, dia ingin pengisian kursi kosong Wagub DKI tetap dipilih masyarakat lewat pemilu. Sebab, menurutnya, masyarakat punya kesempatan yang sama dalam menduduki jabatan tertentu dalam pemerintahan sebagaimana diatur dalam konstitusi lewat Pasal 28 D ayat 3.

M Taufik berjanji akan ada kemajuan dalam pemilihan Wagub DKI. Nama-nama cawagub yang diajukan Partai Gerindra adalah Riza Patria, Ferry Juliantono, Anres Lukman, dan Saefullah.

Sementara itu, PKS telah mencoret nama Ahmad Syaikhu dari kandidat cawagub DKI. Belum dipastikan apakah PKS tetap mengajukan nama Agung Yulianto atau nama lain pengganti Syaikhu.

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Kerja Nyata Anies Baswedan Diakui Dunia

Rocky Gerung Prediksi Periode Kedua Jokowi Tidak Sampai 2024