in

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II, Ekonom Muda Tantang Stafsus Milenial Jokowi

1. Besok, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama sudah selesai. Dari 3,29 juta yang telah melalui tahap verifikasi NIK, sebanyak 2,78 juta berhasil lolos untuk melalui proses pengacakan sistem sebagai peserta gelombang pertama Kartu Prakerja sebanyak 200.000 orang.

Pemerintah resmi membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II Senin, 20 April 2020. Gelombang kedua ini akan ditutup pada Kamis minggu depan, 23 April 2020 pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, pendaftaran akan dibuka kembali hingga mencapai target yang telah ditentukan.

“Selanjutnya sesudah jam 16.00 WIB (ditutup), pendaftaran lanjutan terus terbuka dipersiapkan bacth kedua yang akan kami sampaikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangannya seperti dikutip Minggu (19/4/2020).

2. Ini Alasan Ekonom Bhima Yudhistira Tantang Debat Stafsus Jokowi Soal Kartu Prakerja

Ekonom muda Indef, Bhima Yudhistira menantang Staf Khusus Presiden sekaligus Bos Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara untuk debat terkait dengan program kartu prakerja.

Lantas apa alasan pria yang mendapatkan gelar master dari Universitas Bradford, Inggris itu mempersoalkan program kartu prakerja?

Kepada Kompas.com, Bhima menilai konsep kartu prakerja tidak relevan dengan kondisi saat ini. Ia menilai masyarakat yang menjadi korban PHK saat ini lebih membutuhkan bantuan langsung tunai daripada pelatihan-pelatihan berbayar yang mirip konten YouTube.

“Ada banyak masalah ya yang pertama terkait kesesuaian konsep dengan kondisi saat ini dimana kartu prakerja sama sekali tidak bisa menyelesaikan korban PHK, dan proses yang dilakukan itu seharusnya bukan pelatihan secara online tapi bantuan langsung tunai karena korban PHK itu butuh bantuan makanan dan uang tunai,” kata Bhima kepada Kompas.com, Minggu (19/4/2020).

3. Ini Cara Erick Thohir Lawan Mafia Alkes

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai selama ini Indonesia masih cenderung memilih melakukan impor bahan baku obat-obatan dan alat kesehatan, ketimbang memproduksi sendiri dari dalam negeri. Padahal, Indonesia disebut memiliki kemampuan untuk memproduksi bahan baku obat-obatan maupun alat kesehatan.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinalungga mengatakan, hal tersebut lah yang membuat Erick Thohir pun beranggapan selama ini ada mafia yang membuat Indonesia terus menerus melakukan impor bahan baku obat dan alat kesehatan.

“Kita melihat perilaku saja, lebih senang trading daripada membuat sendiri. Apakah ada keuntungannya lebih besar, kenapa sampai lama betul begitu terus enggak ada usaha buat di sini,” tutur Arya, Minggu (19/4/2020).

4. Musim PHK, Perusahaan Ini Justru Akan Rekrut 50.000 Pekerja

Walmart Inc mengatakan bahwa pihaknya akan menambah 50.000 pekerja di toko-toko, klub-klub dan pusat-pusat distribusi mereka untuk memenuhi lonjakan permintaan bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga dari konsumen yang menimbun selama wabah virus corona.

Dilansir Reuters, peritel ini mengatakan telah mencapai target sebelumnya yaitu merekrut 150.000 pekerja enam minggu lebih cepat dari jadwal, rata-rata menerima 5.000 orang per hari pada saat jutaan orang Amerika kehilangan pekerjaan di tengah seruan “tinggal di rumah”.

Langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran penyakit ini telah menghentikan aktivitas ekonomi, memaksa perusahaan mengambil langkah drastis untuk menghemat uang.

Walmart mengatakan pihaknya telah bekerja dengan lebih dari 70 perusahaan yang memecat pekerja mereka karena pandemi untuk merekrut 150.000 karyawan baru, banyak di antaranya berasal dari industri restoran dan perhotelan.

5. Penjelasan Lengkap Nasib THR Karyawan Swasta, PNS, BUMN, dan TNI/Polri

Banyak perusahaan mengalami kesulitan arus kas lantaran terdampak langsung dari wabah virus corona ( Covid-19) di Indonesia. Hal ini berdampak pada ketidakmampuan perusahaan swasta untuk membayarkan kewajibannya kepada karyawan swasta, termasuk tunjangan hari raya ( THR).

Keuangan pemerintah maupun BUMN juga setali tiga uang. Pemerintah pusat dan daerah banyak melakukan realokasi anggaran untuk menutup kekurangan anggaran maupun budget tambahan untuk alokasi dana penanggulangan Covid-19.

Kondisi sulit ini membuat pembayaran THR perlu disesuaikan. Berikut skenario lengkap skema pembayaran THR Lebaran 2020 bagi karyawan swasta, PNS, BUMN, hingga pejabat negara.

Sumber: kompas.com

Promot Content

What do you think?

Written by admin

KSAD: TNI Siap Bantu Kementan Jaga Produksi dan Distribusi Pertanian

Cek Faktanya: Gara-gara Bocah Mandi di Kolam Renang 16 Gadis Hamil Bersamaan