in

Cek Fakta: Kuota Internet 10GB serta Telepon dan SMS Gratis di WhatsApp, Telkomsel Hingga Indosat

Kuota Internet 10GB serta Telepon dan SMS Gratis di WhatsApp, Telkomsel Hingga Indosat

Ikhtisar.net Heboh beredar pesan berantai di grup aplikasi percakapan WhatsApp terkait adanya gratis kuota Internet, telepon dan pesan singkat SMS dari seluruh operator jaringan telekomunikasi di Tanah Air. 

Pesan itu beredar dari grup ke grup. 

Dalam pesan tersebut, disebutkan ada paket internet gratis sebesar 10 GB yang berlaku untuk semua operator. 

Disertai dengan gratis paket telepon dan SMS all operator.

Mulai dari Telkomsel, Indosat dan berbagai operator lainnya. 

“Kuota internet 10GB serta telepon dan sms Gratisss

Ngak bisa mudik karena covid-19.

agar tetap bisa berhubungan dengan kerabat maupun keluarga kita seluruh provider di indonesia bagi bagi kuota gratis,” demikian bunyi pesan tersebut

Dalam pesan WhatsApp tersebut, juga ditampilkan link untuk mendapatkan kuota internet gratis, dan juga paket telepon dan SMS gratis yang dijanjikan. 

“Untuk mendapatkan kuota 10GB silahkan klik tautan dibawah ini dan ikuti petunjuk selanjutnya,” lanjut bunyi pesan berantai tersebut. 

Link tersebut yakni https://www.kuotaramadhan.tech

Kouta gratis di WhatsApp hoax (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA)

Pembaca diarahkan untuk meng-klik tautan tersebut. 

Saat dicek pada Senin (04/05/2020) malam, portal tersebut sekilas tampil terlihat dalam bentuk laman blog. 

Namun pada Selasa (05/05/2020), laman tersebut sudah tak bisa diakses lagi. 

Respon Operator Seluler di Tanah Air

Tribun Pontianak coba menelusuri lebih jauh kepastian dan kejelasan soal kabar adanya kuota gratis semua operator sebesar 10 GB yang diberikan di tengah pandemi Covid-19 tersebut. 

Termasuk di antaranya dengan mengkonfirmasi pihak vendor operator layanan Telekomunikasi di Tanah Air. 

Telkomsel jadi satu di antara yang memberikan jawaban terkait kabar tersebut. 

Telkomsel, memastikan bahwa kabar kuota gratis 10 GB plus gratis telepon dan SMS di masa pandemi Virus Corona Covid-19 tersebut adalah hoax alias berita palsu. 

“Klo (Kalau) ini hoax mas, bukan website resmi Telkomsel soalnya,” ujar Corporate Communication Telkomsel Area Kalimantan, Muhammad Arief Rachman Soeyitno, saat dihubungi via WhatsApp, Jumat (05/05/2020). 

Kejadian Serupa Akhir Maret 2020

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Mars ini mengungkapkan, kabar serupa juga sebelumnya pernah ada pada jelang akhir Maret 2020 silam. 

Saat itu, ada penawaran Koneksi Internet Gratis 20 GB Selama 60 Hari di Aplikasi WhatsApp. 

Menanggapi kabar yang heboh pada akhir Maret 2020 itu, Telkomsel pun menurutnya menurunkan tanggapan resmi. 

General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim, menjadi pihak yang memberikan klarifikasi terkait berita tersebut. 

Ada sekitar 7 poin statement resmi Telkomsel yang disampaikannya. 

Berikut poin-poinnya: 

1. Terkait dengan adanya pesan yang menawarkan Koneksi Internet Gratis 20 GB Selama 60 Hari yang beredar di aplikasi WhatsApp, kami sampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar.

2. Telkomsel dalam menyampaikan segala promosi yang berhubungan dengan produk dan layanan selalu menggunakan kanal resmi perusahaan.

3. Telkomsel menghimbau kepada pelanggan untuk selalu waspada untuk semua promosi yang berhubungan dengan produk dan layanan Telkomsel.

4. Untuk membantu siswa bisa #TerusBelajar dengan efektif dari rumah, Telkomsel menyediakan dua pilihan paket data yang bisa dimanfaatkan untuk bebas akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring (e-learning), yakni “Bebas Akses Ruangguru 30GB” dan “Bebas Akses Ilmupedia 30GB”.

Kedua pilihan paket ini berlaku untuk pemakaian selama 30 hari dengan kuota 30GB, masing-masing untuk akses aplikasi Ruangguru dan aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam paket Ilmupedia, yakni Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.

5. Telkomsel bekerjasama dengan Perguruan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) untuk memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam melakukan proses belajar mandiri dari rumah, dengan menghadirkan Paket Bebas Akses ilmupedia hingga 30GB bagi mahasiswa 130 perguruan tinggi di Indonesia.

Paket ini memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk mengakses situs e-learning masing-masing kampus dan situs Spada Indonesia milik Kemendikbud RI selama 30 hari tanpa biaya, dan merupakan pengembangan dari paket ilmupedia yang sebelumnya telah bisa digunakan untuk mengakses platform e-learning Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu.

6. Guna menghadirkan kenyamanan pelanggan dalam mendapatkan informasi terkini dan resmi seputar pandemi COVID-19 di Indonesia, Telkomsel memberikan bebas kuota data untuk pelanggan yang mengakses Situs Resmi Informasi COVID-19 Pemerintah RI dan Pemprov DKI Jakarta, yakni www.covid19.go.id, www.infeksiemerging.kemkes.go.id, www.corona.jakarta.go.id.

7. Untuk memberikan pelayanan terkait segala kebutuhan dan permasalahan pelanggan, Telkomsel menyediakan layanan GraPARI dan Call Center Caroline (Customer Care On-Line) yang melayani pelanggan non-stop 24 jam sehari yang dapat diakses dengan melakukan panggilan ke 133 untuk kartuHalo, 188 untuk simPATI, Kartu As, dan Loop, dan 357 untuk Mitra Recharge seperti Mkios, Dealer, dan Bank.

8. Kami ucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kesetiaannya dalam menggunakan layanan Telkomsel,” demikian bunyi 8 poin statement tersebut. 

Dengan demikian, ada baiknya jika Anda mendapat pesan serupa di kemudian hari untuk lebih waspada dan berhati-hati. 

Sehingga bisa lebih aman dari risiko yang tak diinginkan, termasuk upaya penipuan dan sejenisnya.

Sumber: tribunnews.com

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Asteroid Dekati Bumi, Ini Penjelasan BMKG Agar Masyarakat Tidak Panik

Promo Telkomsel Terbaru: GRATIS Kuota Internet 5 GB dan Hadiah Sepeda Motor, Ini Syaratnya