in ,

Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Inilah Jawaban Rasulullah Tentang Pahala Shalat Tarawih Malam Keempat dan Doa Penolak Bala Corona dari Imam Besar Masjidil Haram

Ikhtisar.net – Hari ketiga puasa Ramadhan 1441 H jatuh pada Minggu (26/4/2020). Setiap Muslim wajib menjalankan perintah Allah SWT di bulan suci Ramadhan ini. 

Selama bulan puasa Ramadhan, umat muslim diperintahkan untuk melakukan ibadah shalat sunnah tarawih.

Meski sunnah, shalat Tarawih tergolong dalam shalat sunnah muakad.

Shalat sunnah muakad adalah shalat sunnah yang dianjurkan mendekati wajib.

Artikel ini mengulas fadilah Shalat Tarawih selama puasa Ramadhan 2020, yaitu fadilah Shalat Tarawih mulai hari pertama hingga hari ke-30.

Menurut bahasa, fadilah adalah keutamaan atau kelebihan.

Jadi fadilah shalat tarawih maksudnya adalah keutamaan shalat tarawih.

Seperti diketahui, puasa Ramadhan 2020 telah datang.

Sekalipun ibadah Puasa Ramadhan 2020 berbeda, karena ada wabah virus corona (Covid-19) dan penerapan physical distancing, namun umat Islam tetap bisa menjalankan shalat tarawih berjamaah di rumah, atau shalat tarawih sendiri.( Surya)

Melansir dari dakwahmuslimah.com, berikut fadilah shalat tarawih selama bulan puasa Ramadhan:

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib bahwasanya beliau berkata: “Nabi Muhammad SAW, pernah ditanya tentang keutamaan shalat Tarawih di bulan Ramadhan, kemudian beliau menjawab :

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada malam pertama, keluarlah dosa orang mukmin (yang melakukan sholat Tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia.

– Pada malam kedua, Orang yang melaksanakan Sholat Tarawih akan diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.

– Pada malam ketiga, Para Malaikat menyeru dari bawah ‘Arsy: “mulailah untuk melakukan amal kebajikan, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu”.

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam keempat, Orang yang beriman akan mendapat pahala layaknya orang yang membaca kitab Taurot, Zabur, Injil dan Al-Qur’an.

– Pada Malam kelima, Allah SWT akan menganugerahkan pahala layaknya orang yang sholat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha.

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam keenam, Allah SWT memberikan padanya pahala seperti pahala bagi orang yang melakukan Thowaf di Baitul Makmur dan Bebatuan memohonkan ampunan baginya.

– Pada Malam ketujuh, Bagi yang melaksanakan Sholat Tarawih seakan-akan menemui zaman Nabi Musa dan menolongnya dari serangan bala tentara Fir’aun dan Haman.

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam kedelapan, Allah SWT akan memberikan segala sesuatu yang sudah diberikan-NYA kepada Nabi Ibrahim AS.

– Pada Malam kesembilan, Orang yang Sholat Tarawih Mendapat pahala seperti layaknya pahala ibadah yang dilakukan oleh para Nabi.

– Pada Malam ke-10, Allah SWT akan memberikan kebaikan dunia dan akhirat bagi yang Sholat Tarawih.

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-11, Bagi orang yang Sholat tarawih kelak ia akan keluar dari dunia (mati) seperti hari dimana ia baru dilahirkan dari rahim ibunya.

– Pada Malam ke-12, Dia akan berjalan di hari kiamat dengan wajah yang bersinar bagaikan rembulan di bulan purnama.

– Pada Malam ke-13, Pada saat hari kiamat tiba, yang tarawih akan selamat dari segala macam keburukan.

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-14, Malaikat menjadi saksi bagi yang tarawih, sehingga kelak di hari kiamat dia tidak perlu dihisab (dihitung) amalnya.

– Pada Malam ke-15, Seluruh Malaikat dan Malaikat yang menyangga ‘Arsy bersama-sama mendoakan selamat kepada orang yang Sholat Tarawih.

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-16, Allah SWT kelak akan menulisnya termasuk kedalam golongan orang yang selamat dari api neraka dan mendapat keberuntungan masuk surga.

-Pada Malam ke-17, yang Shalat Tarawih akan diberi pahala seperti layaknya para Nabi.

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-18, Para Malaikat berseru: “Hai hamba Allah (Yang Shalat Tarawih), seseungguhnya Allah SWT telah memberi ampunan kepadamu dan kedua orang tuamu”.

– Pada Malam ke-19, Allah SWT kelak akan mengangkat derajat yang tarawih di surga firdaus.”

– Pada Malam ke-20, bagi yang Shalat Tarawih diberi pahala layaknya orang yang mati syahid dan orang-orang shalih.

– Keutamaan Shalat Tarawih Pada Malam ke-21, Allah SWT kelak akan membangunkan untuknya sebuah rumah yang terbuat dari cahaya di surga.

– Pada Malam ke-22, jika hari kiamat kelak tiba, maka yang Shalat Tarawih akan selamat dari segala bentuk kesusahan dan kebingungan.

– Fadhilah shalat tarawih Pada Malam ke-23, Allah SWT akan membangunkan sebuah kota di Surga ini tentunya bagi yang Shalat Tarawih.

– Pada Malam ke- 24, Bagi yang Shalat Tarawih Allah SWT memberikan 24 do’a yang akan dikabulkan.

– Fadhilah shalat tarawih Pada Malam ke-25, Allah SWT akan menghilangkan siksa kubur untuknya.

– Pada Malam ke- 26, Allah SWT meningkatkan baginya pahala selama 40 tahun.

– Fadhilah shalat tarawih Pada Malam ke-27, Tiba di hari kiamat kelak, dia akan melewati jembatan (syirathal mustaqiim) seperti kilat yang menyambar.

-Pada Malam ke-28, Allah SWT mengangkat seribu derajat baginya didalam surga.

– Pada Malam ke-29, Allah SWT akan memberikan pahala seribu (1.000) kali ibadah haji yang diterima.

– Pada malam ke-30, Allah SWT berfirman: “Wahai hambaku makanlah buah surga, minumlah minuman surga, mandilah dari air surga, Aku Tuhanmu dan kamu hambaKu”.

Demikian pahala dan keutamaan Sholat Tarawih hari ke-1 hingga ke-30 yang memiliki nilai keutamaan dan pahala berbeda tiap harinya.

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdurrahman Sudais lafalkan 3 doa penangkal wabah virus corona atau Covid-19. 

Berikut ini enam potongan doa yang dilansir di akun twitter @Dr_Saudais itu; dalam lafalan Arab, transliterasi dan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

‎اللهم سلّمنا لرمضان وسلّمْهُ لنا وتسلّمهُ منا متقبَّلاً يارب العالمين ،

allahum sallimna liramadhan wassalamhu lana watusallima minaa mutAqbalaan ya Rabb alealamin

ARTINYA; Ya Allah, beri kami Ramadhan, dan kirimkan kepada kami, dan terima dari kami, menerima Tuhan Dunia

‎اللهم اجعل صيامنا فيه صيام الصائمين ، وقيامنا فيه قيام القائمين
‎ولا تجعلنا فيه من الغافلين واعفُ فيه عنا يا أرحم الراحمين ،
allahuma ajeal siamana fih siam
alssayimin, wa qiamana fih qiam alqayimin , wala tajealna fihi mina ghafilin wa’fihi eanaa ya ‘arhama alraahimin)

ARTINYA; Ya Tuhan, buatlah puasa kita di dalamnya puasa orang-orang yang berpuasa, dan kebangkitan kita di dalamnya adalah kebangkitan orang-orang yang ikut berdiri. Dan jangan membuat kita menjadi orang yang lalai dan memaafkannya untuk kita, Ya Maha Penyayang

‎اللهم أكرمنا فيه بِزوالِ هذا الوباء وعافنا من كُلِّ داءٍ ياربَّ العالمين .
allahuma ‘akramna fih bizwal hadza alwaba’ wa afinaa min kuli da’a ya Rabb aalamin

ARTINYA; Ya Tuhan, muliakan kami dengan melenyapnya epidemi wabah ini. Bebaskan kami dari setiap penyakit, Ya Penguasa dunia.

Sumber: grid.id

Promot Content

What do you think?

Written by admin

Kabar Baik Datang dari Laboratorium China: Vaksin Covid-19 Siap Dipakai di Bulan Ini

Isu Kiamat 15 Ramadhan? Ini Penjelasannya